Image Hosted by ImageShack.us

Waktu itu itu gw lagi di pekanbaru dan jalan2 ke pasar bawah. tak jauh dari pasar, gw melihat sampan2 yang seliweran di atas sungai yang airnya hitam pekat itu. tanpa berpikir panjang, gw dan teman2 melangsungkan niat tuk mcari salah satu empunya sampan dan minta diputar2 keliling sungai. sepanjang berputar2 gw ga tersadarkan kalo sungai ini tnyata sungai terdalam di Indonesia. padahal jelas2 ada kapal besar bertengger dan menepi. Sebagaimana data yang diperoleh dari situs resmi Propinsi Riau, sungai dengan panjang 300km dan kedalaman 6 s.d. 26 meter tsb memang memungkinkan berbagai macam kapal (hingga kapal peti kemas) untuk memasuki alur sungai.

Image Hosted by ImageShack.us

Dengan menaiki sampan yang sudah kami sewa sekitar Rp 20 ribu tsb, berkelilinglah kami menyusuri sungai. masyarakat yg tinggal di bantaran sungai, agaknya sangat memanfaatkan sungai ini. ga cuma buat mandi cuci kakus, tp disana jg tampak beberapa nelayan yang tengah menjaring ikan. tampak pula perahu2 yang tengah merapat dan berbayang sangat jelas di atas pekatnya air sungai. ngomong2 soal pekat, kl diperhatikan lebih seksama, pekatnya ternyata sudah sangat memprihatinkan (jarak pandang nya pun mungkin cuma 1-2 cm di bawah permukaan air). warnanya hampir tidak berbeda dengan kali yang melintas di depan ancol, yang itemnya bukan main itu. Menurut sebuah berita yang dituliskan Media Indonesia tanggal 11 Mei 2007 biota di sungai ini diperkirakan akan musnah dalam 10 tahun kedepan akibat tingginya tingkat kerusakan lingkungan di daerah aliran sungai. kerusakan tsb akibat sedimentasi dan pencemaran.

Image Hosted by ImageShack.us

Agaknya pengalaman gw dan temen2 sewaktu bersampan di sungai siak, mengejutkan beberapa rekan kerja yg kebetulan asli dan tinggal di Riau. mereka berkali2 menekankan, “itu kan sungainya dalam”. kemudian ada yg menambahkan, “arus dibawahnya deras sekali lho. tidak jarang sungainya memakan korban. saya saja yg asli orang sini ga berani!”. Waks, macam mana pula nih beritanya. kali gw kalau tau dari awal ga bakalan nekat keliling pake sampan disana. apalagi seorang teman yang gagal kita rayu tuk ikutan bersampan akhirnya mengaku. dia tidak mau dekat2 ke sungai karena sempat melihat semacam kerajaan jin dibawahnya. Wallahualam ya, gw sih sebagai manusia yang kurang peka saat itu tidak merasakan apa2.

Image Hosted by ImageShack.us

Tapi buat kalian yang suka motret, ga ada salahnya nyoba keliling pake sampan. walopun kl pas lagi panas, sangat mustajab membuat kulit ikutan hitam pekat, tp nuansa persungaian dan kapal2nya bagus banget buat diabadikan. sungainya jg seinget gw tidak berbau. tp ya hati2 aja, krn airnya pekat, kita suka ga sadar kl ternyata airnya dualem banget.

Image Hosted by ImageShack.us

About these ads