Wisata Sumatera Barat


Gambar di bawah ini bukan Menara Pisa. Sebenernya objek foto ini adalah Jam Gadang, hanya saja gw ga sengaja motretnya miring. So, kalau pergi ke Bukittinggi dan berencana hunting mukena ato kain2 bordiran di Pasar Atas, jangan lupa foto2 dl disini (karena letaknya keduanya memang berdekatan).

Image Hosted by ImageShack.us

Menurut wiki, Jam Gadang ini sudah berumur puluhan tahun karena dibangun oleh Yazin dan Sutan Gigi Ameh pada tahun 1926. Jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Sekertaris Kota. Bangunan dengan tinggi 26 m dan diameter jam 80 cm ini konon memakan biaya 3000 gulden.
(lebih…)

Coba perhatikan gambar ini lebih teliti, bisa ga kalian nemu bongkahan batu bak seorang manusia yang sedang bersimpuh… konon sih dari situlah muncul legenda si malin kundang, seorang anak durhaka yang dikutuk ibunya jadi batu.

Image Hosted by ImageShack.us

Malin, yang menurut ringkasan cerita wiki, digambarkan sebagai anak cerdas tapi nakal (mangkanya dia punya luka di tangan akibat pernah jatuh tersandung batu), memutuskan untuk merantau setelah melihat sang ibu yang bersusah payah mencari nafkah.
(lebih…)

Danau Maninjau terletak kabupaten Agam atau 140 km utara Padang atau 38 km barat Bukittinggi. Menurut Wiki, danau yang muncul akibat letusan Gunung Merapi ini memiliki kedalaman mencapai 495 meter dan terletak di ketinggian 461.5 meter dpl. Luas danau yang mencapai 99.5 km persegi telah mencatat danau ini sebagai danau terluas ke-11 di Indonesia.

Image Hosted by ImageShack.us

Orang2 Minang mempercayai legenda di balik terbentuknya danau, yaitu “Bujang Sembilan”. Konon menurut sebuah sumber, salah satu dari 9 bujang tsb menceburkan diri ke dalam kawah dan meninggal. kemudian kawah ini membesar dan menjadi danau. Sumber yang sama juga menyebutkan, banyak tokoh yang terlahir di desa Maninjau antara lain Buya Hamka dan Rangkayo Rasuna Said (1910-1965). Mendengar namanya , kita pasti inget nama jalan di kuningan. Ternyata, kedua nama tersebut memang mengarah kepada orang yang sama. HR sendiri sebenarnya kepanjangan dari Hajjah Rangkayo. Halah, seumur2 gw baru tau, kalau pahlawan yang satu ini adalah perempuan!

Image Hosted by ImageShack.us

Sebetulnya gw ga gitu suka masuk2 ke goa. berasa agak sesak dan tidak nyaman. tp kali ini gw penasaran. akhirnya gw nekat masuk, dan di dalamnya lumayan seru. banyak batu2 besar yang kadang bs kita panjati. banyak stalagtit dan slalagmit yang berwarna putih seperti kristal kalau disinari (ato terkena lampu blits). goa yang berlokasi di nagari sungai kunyit, 26 km dari Padang Aro atau berada di antara bukittinggi dan payakumbuh ini konon dihubi ribuan kelelawar (gw sendiri udh lupa ada kelelawanya ato engga).

Image Hosted by ImageShack.us
(lebih…)

Dikutip dari wiki, lembah curam di kota bukittinggi yang memanjang sekitar 15 km dari selatan ngarai Koto Gadang menuju Sianok Enam Suku dan berakhir di Palupuh ini bernama Ngarai Sianok. Dengan kedalaman jurang mencapai 100 m dan lebar 200 m, patahan dinding curamnya dialiri oleh sungai sianok. konon di jaman Belanda, jurang ini bernama kerbau sanget akibat banyaknya kerbau liar di dasar ngarai.

Image Hosted by ImageShack.us

Namun sangat disayangkan, terjadinya gempa 5.8 SR yang menimpa sumatera barat tanggal 6 Maret 2007 lalu telah melongsorkan 2/3 ngarai. Seperti yang dikemukakan Media Indonesia, longsor di 5 titik tersebut tsb menimbulkan hujan debu di kawasan Sianok. Tanah longsoran menimbun arus Sungai Sianok sehingga air naik dan menggenangi daratan. Tempo menambahkan, gempa tersebut diakibatkan oleh bergesernya Patahan Semangko (yang melintang disepanjang Sumatera dari Lampung hingga Aceh) sebagai dampak dari tumbukan Lempeng Samudra Hindia yang menggeser bagian barat Sumatera ke utara dan bagian timurnya ke selatan. 

Image Hosted by ImageShack.us

Sekilas dilihat bangunannya emang mirip replika yang ada di taman mini. dan kemiripan itu bikin gw sebel, udh jau2 sampe padang, foto di depan istana, eh temen gw malah komen “foto di taman mini ya..”. sebetulnya bangunan yang padang banget itu, menurut wiki dulunya merupakan istana kesultanan Islam tahun 1600-an dengan nama yang diambil dari ibukota provinsi yaitu nagari Pagaruyung.

Image Hosted by ImageShack.us

Kerajaan didirikan oleh Adityawarman pada tahun 1347 dan runtuh saat terjadinya Perang Padri (1821-1837) yang dipimpin oleh Imam Bonjol (akibat pecah konflik kaum Padri dengan kaum adat bangsawan). (lebih…)