Wisata Jawa Barat


Image Hosted by ImageShack.us

Bertempat di Jl. Padasuka 118 Bandung, Saung Mang Udjo ini berhasil membawa nuansa yang berbeda dari berbagai pagelaran musik yang biasa kita lihat. dengan alat musik yang bernama angklung, Mang Udjo mengajak anak2 dan remaja sekitar untuk turut melestarikan alat musik ini dengan langsung berkreasi mengumandangkan lagu2 baik yang bersifat tradisional maupun kontemporer macam lagu ciptaan Queen. paduan suara angklung tsb kemudian di kombinasi jg dengan tari2an yang tak jarang membuat kita berdecak kagum dan tidak pernah menyangka gabungan para angklung tsb menghasilkan suara2 nan harmoni dan sangat menarik untuk disimak.

Image Hosted by ImageShack.us
(lebih…)

Iklan

Seperti yang diungkapkan oleh sebuah sumber dari internet, kawah ini (2.194m dpl) sebenarnya terbentuk akibat letusan Gunung Patuha pada abad X dan XII silam. Gunung Patuha, atau sering jg disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Gunung Sepuh (Pak Tua), memiliki ketinggian 2.434m diatas permukaan laut dan bersuhu sekitar 8-22 derajat celcius.

Image Hosted by ImageShack.us

Air kawah ini katanya sedikit berbeda dengan kawah lain di Jawa Barat. warna air yang terang dan selalu berubah2 akhirnya menjadi daya tarik tersendiri. permukaan kawah umumnya berbatu dan berpasir warna putih, sehingga kawah ini kemudian dikenal sebagai kawah putih. beberapa peneliti mengatakan bahwa gunung patuha masih aktif, sehingga ditemukan beberapa pancaran kawah yang masih bergejolak. didekat tempat ini pula ditemukan sebuah goa sedalam 5 meter yang pernah dipakai sebagai tambang belerang. tak heran jika beberapa kawah tiba2 beruap banyak, dan pengunjung didapati terbatuk2 akibat menghirup hawa belerang yang berbau sangat tajam.
(lebih…)

Tak jauh dari Kota Bandung, tepatnya di Kecamatan Rancabali sekitar 47 km selatan Kota Bandung terdapat sebuah kawasan sejuk dikelilingi kebun teh Rancabali yang bernama Situ Patengan (Danau Patengan). Entah bagaimana awalnya, areal seluas 150 Ha ini untuk beberapa orang (termasuk gw) lebih sering disebut sebagai Situ Patenggang.

Image Hosted by ImageShack.us

Menurut keterangan yang kita baca di lokasi, dikisahkan bahwa nama Situ Patengan berawal dari istilah sunda yaitu Pateangan-teangan yang berarti saling mencari. Masyarakat sekitar bermitos bahwa dahulu kala hiduplah seorang putra prabu bernama Ki Santang dan Putri titisan dewi bernama Dewi Rengganis yang saling mencintai namun terpisah sekian lamanya. (lebih…)

Mungkin sebagian dari kamu dulu pas masih kecil pernah menghayal jadi tentara. pasti pengen tau kan, rasanya ngerayap dihutan, bawa bedil, trus ngintai musuh dari balik pohon. nah, kl kalian penasaran, coba deh sekali2 main Paintball.

Image Hosted by ImageShack.us

Beberapa hari lalu gw gabung sama tim outbound kantor tuk ikutan main di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Dago-Bandung). Dalam permainan ini, simulasi dibuat persis seperti di medan perang. kita masuk hutan, dipakein kostum ala prajurit perang, dikasi masker pengaman, dan dikasih senjata angin berpeluru bola yg kalo kena lawan dan pecah akan mengeluarkan warna2 tertanda anda sudah kena tembak.

(lebih…)

Bandung sebage ibu kota Jawa Barat, menyimpan segudang cerita, baik tuk orang2 yang pernah tinggal di masa lampau, maupun para remaja remaji yang lagi seneng2nya begaul. Bandung itu ga cuma kota bersejarah, tp jg tempat yang asik bangat buat nongkrong. disana banyak banget koleksi baju2 FO yang muat buat gw (yang badannya geda), makanannya banyak dan enak2, dan banyak spot yang bs buat ngenet gratis. dulu gw benci banget ke bandung soalnya musti naek turun gunung. skr sejak ada tol cipularang dan jasa travel yang ngetem dimana2, kita bs aja pulang pergi bandung cuma buat jalan doang dalam satu hari (dari jkt cuma 2 jam bho). tolnya sih lancar, tp gara2 tol itu pula akhirnya kl weekend bandung ruame banget. baru keluar tol udh kena macet.

Image Hosted by ImageShack.us

Ngomongin Bandung pasti jadi keingetan Gedung Sate. Selain sebage landmark kota Bandung sebetulnya gedung yang mulai dibangun tahun 1920 ini sejak tahun 1980 dipake sebage pusat pemerintahan Gubernur Propinsi Jawa Barat.  (lebih…)

Waktu itu, 30 Nov 2004, pas dines ke cirebon, gw diajak mampir ke Gedung Perundingan (Museum) Linggarjati. lokasi yang beradadikaki gunung Ciremai antara cirebon dan kuningan jawa barat ini merupakan tempat dilangsungkannya perundingan antara Indonesia dan Belanda pada tahun 1946. Di dalam bangunan tua seluas 800 m persegi ini tertata kursi2 dan meja2 yang konon dipake tuk perundingan dan diorama perundingan yang dibuat tahun 1986. Delegasi yang waktu itu hadir antara lain Perdana Menteri Sutan Sjarir, Mr Susanto Tirtoprodjo, Dr AK Gani, dan Mr Mohammad Roem dari Indonesia dan Dr Van Mook, Mr Van Pool, Dr F De Boer dan Prof Dr Shermerhorn dari Belanda.

Image Hosted by ImageShack.us

Sebelum diresmikan menjadi museum (1976), dulu bangunan ini pernah dijadikan hotel bernama Rustoord (1935), Hotel Hokay Ryokan (1942), Hotel Merdeka (1945) dan SD Negeri Linggarjati (1975). beneran sih, disana emang masih ada ruang2 yang berisi tempat tidur disertai kamar mandi yang berhasil bikin gw bergidik.
(lebih…)

Pengen belajar jadi petani, or pengen belajar jadi peternak, or cuma sekedar liat2 kebun sambil metik buah2an dan minum jus strawberi? kl jawabannya iya, segera deh cari kendaraan trus pergi ke arah bandung. Tepatnya di Jl. kolonel masturi cisarua di kaki gunung tangkuban perahu dan gunung burangrang, kalian bs nemuin wilayah seluas 5 hektar yang sudah ditanami berbagai tanaman siap tanam dan petik serta ditempati hewan2 ternak nan ndut dari mulai ular, sapi, domba, kelinci sampe cacing buat bikin pupuk.

Image Hosted by ImageShack.us

(lebih…)

Laman Berikutnya »