Secara geografis ternyata gunung ini terletak di antara 2 propinsi yaitu Jawa Tengah dan Yogyakarta. namun, berhubung gw sendiri mengamati gunung ini lebih sering dari jogja dan sempat mampir ke kaki gunung yang masih berada dalam kawasan propinsi jogja, so, tempat ini gw masukkan ke dalam kategori tempat wisata di DIY. merapi sendiri sebenernya “hanya” berjarak sekitar 30 km di utara kota jogja.

Image Hosted by ImageShack.us

Banyak cerita yang bisa dikupas dari keberadaan gunung ini. seperti yang tercatat di wiki, salah satu letusan besar yang terjadi tahun 1006 pernah membuat seluruh bagian tengah pulau jawa diliputi abu dan menyebabkan berpindahnya kerajaan mataram kuno ke jawa timur. hal ini jg terlihat dari terpendamnya candi2 kuno peninggalam mataram di sekitar gunung oleh endapan lahar dan abu vulkanik sedalam 6-8 meter. sepanjang tahun 2006, merapi kembali menunjukkan keaktifannya. kronologis status merapi bisa dilihat disini.

Image Hosted by ImageShack.us

Agaknya, keberadaan merapi ini tidaklah sepenuhnya menjadi ancaman. bagi warga sekitar, muntahan lahar yang sudah mendingin telah menjadi berkah. sebagian warga di sekeliling kaki merapi mulai disibukkan lagi dengan penambangan pasir. dan bagi pemerintah setempat, pesona merapi tidak disia2an begitu saja. beberapa minggu lalu waktu gw kesana, gw melihat tulisan “Lava Tour Merapi“. di kawasan kaliadem ini, pasca letusan, banyak pelancong (termasuk gw) yang pengen liat langsung merapi dari deket (3,5 km dari puncak merapi bho, asli deket banget!).

Image Hosted by ImageShack.us

Menuju kali adem (bebeng) kita diwajibkan membayar tiket 5.000/orang plus ongkos parkir. Disana kita disuguhi tak hanya pemandangan merapi tp juga keadaan sekitar yang tengah diselimuti pasir akibat tumpahnya isi merapi. termasuk rumah2 yang katanya dulu dipakai sebagai warung singgah pelancong, yang sebagian bangunannya sudah terpendam serta bunker (ruang lindung) yang pernah menelan korban 2 orang relawan Juni tahun lalu (beritanya bs dilihat disini). terkadang kita jg masih bisa mendengar suara gemuruh yang kemudian diikuti dengan keluarnya asap putih dari dalam kawah. hiii.. kl dipikir2 ngeri jg ya, kl sampe emak gw tau gw ada disitu pasti dimarain, hehehe😛

Image Hosted by ImageShack.us