Image Hosted by ImageShack.us

Sebetulnya gw ga gitu suka masuk2 ke goa. berasa agak sesak dan tidak nyaman. tp kali ini gw penasaran. akhirnya gw nekat masuk, dan di dalamnya lumayan seru. banyak batu2 besar yang kadang bs kita panjati. banyak stalagtit dan slalagmit yang berwarna putih seperti kristal kalau disinari (ato terkena lampu blits). goa yang berlokasi di nagari sungai kunyit, 26 km dari Padang Aro atau berada di antara bukittinggi dan payakumbuh ini konon dihubi ribuan kelelawar (gw sendiri udh lupa ada kelelawanya ato engga).

Image Hosted by ImageShack.us

Katanya disana batu dinamai sesuai bentuknya. gw cuma inget satu (maklum kesananya udh lama banget, tahun 2004) yaitu batu ibu menangis karena bentuknya yang seperti kepala ibu yang tengah menangis. katanya kl lagi hujan, air yang mengalir di batu itu menyerupai air mata yang mengalir saat ibu itu menangis. sayangnya, gw pas dateng cuaca lg terang, jd blm bs membenarkan cerita itu.

Image Hosted by ImageShack.us