Image Hosted by ImageShack.us

Sekitar 10 menit ke selatan bandara Ngurah Rai, kita bisa menemukan pantai bernama Jimbaran yang asik banget ditongkrongin di saat sunset sambil makan malam tentunya. Di kawasan Jimbaran yang dulunya merupakan kampung nelayan ini, telah berjajar Resto2 seafood menyuguhkan meja-mejanya tepat dipinggir pantai. hingga tak jarang pengunjung yang sedang makan menjadi sibuk menggotong2 kursi yang mereka duduki karena hari menjelang senja, dan air menjadi pasang. dari tempat ini pula ke arah utara, kita bisa melihat pesawat2 yang tengah mendarat ataupun take off dari bandara yang kebetulan lintasan terbangnya menjorok ke laut.

Image Hosted by ImageShack.us

Lantaran tempat ini termasuk kawasan yang kerap didatangi wisatawan asing, pada tanggal 1 Oktober 2005 Jimbaran menjadi salah satu tempat pengeboman dari serangkaian peristiwa Bom Bali tahun 2005. Menurut Bali Post, 4 dari 7 bom yang ditemukan meledak di pantai ini terjadi sekitar pukul 19.42 di cafe Nyoman, cafe Menega dan di pinggir pantai. Menurut Tempo tanggal 3 Oktober 2005, tercatat 27 orang yang tewas sebagai korban dan 14 diantaranya adalah warga negara Indonesia. Akibat insiden tsb, tingkat okupansi hotel di Bali mengalami penurunan. Seperti yang dilaporkan suarasurabaya, semula hotel dapat terisi sekitar 58-60%, kemudian surut ke angka 25-30% dengan tingkat kunjungan semulai mencapai 6.000 orang per hari menjadi sekitar 1.700 per hari. Kebayang kan, gmn nasib masyarakat Bali setelah itu. mereka yang pada umumnya bekerja di sektor pariwisata banyak mengeluhkan penurunan pendapatan yang mereka peroleh pasca bom bali. Namun, seperti yang diberitakan sumber yang sama, saat ini telah tercatat peningkatan tingkat wisatawan yang masuk ke Bali yaitu mencapai 4.700 orang per hari.

Image Hosted by ImageShack.us

Seperti halnya sewaktu gw kesana bulan lalu, resto2 di kawasan ini sudah mulai dipenuhi oleh wisatawan baik dari manca negara maupun dalam negeri. terlihat berbeda memang jumlahnya dibanding waktu kesana sebulan setelah bom tsb meledak.

Image Hosted by ImageShack.us