Mo cari2 pagoda ga harus jauh2 ke Thailand, di semarang ternyata ada. Dalam perjalanan dari semarang menuju ungaran, di kiri jalan, kita bs menemukan Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong. Menurut sebuah sumber, bangunan setinggi 45 meter dengan 7 tingkat ini telah dinyatakan sebagai pagoda tertinggi di Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

Image Hosted by ImageShack.us

Pagoda Avalokitesvara bisa jg disebut sebagai Pagoda Metakaruna atau Pagoda Cinta Kasih Sayang lantaran pagoda ini dibuat tuk menghormati Dewi Kwan She Im Poo yang merupakan dewi cinta kasih dan kasih sayang. Pagoda ini mulai dibangun pada bulan Agustus 2005 dengan patung2 dan beberapa barang lainnya yang didatangkan langsung dari Cina. Di lokasi yang sama sebelumnya telah berdiri vihara kecil sejak tahun 1957, dan pagoda ini kini dijadikan jg sebagai tempat ibadah bagi umat Budha (disamping Candi Borobudur).


Image Hosted by ImageShack.us

Once, gw pernah liat pagoda ini di sebuah majalah. Fotonya diambil malam hari. keren banget! sayang, malam hari gw kesana, gw gagal menemukan pintu masuknya dan gelap pula. yang ada niat kita urungkan keesokan pagi.

Image Hosted by ImageShack.us

Pagoda Avalokitesvara memiliki 7 tingkat dengan patung Dewi Kwan Im di tiap tingkatnya yang menghadap ke 4 penjuru. Di tingkat pertama, 4 patungnya beda2. Patung Dewi yang membawa bunga dan teratai dipercaya sebagai tempat pendoa untuk dimudahkan jodoh. Patung Dewi dengan anak perempuan ditujukan untuk pendoa yang ingin punya anak perempuan. Sama juga dengan keberadaan Patung Dewi dengan anak laki2. Dan ada satu lagi patung Dewi Kwan Im tuk pendoa yang ingin panjang umur.

Image Hosted by ImageShack.us

Jumlah patung di Pagoda ini adalah 30 buah. Selain patung Dewi Kwan Im, terdapat pula patung Panglima We Do sebagai pelindung keslamatan sekaligus penjaga pagoda tsb. Patung besar Dewi Kwan Im dipasang menghadap kota Semarang dengan tujuan menjaga masyarakat Semarang dari bencana.

Image Hosted by ImageShack.us

Iklan