Komplek parangtritis terdiri dari pantai parangtritis, parangkusumo dan dataran tinggi gembirowati. Pantai Parangtritis berada 27 km di selatan kota Yogyakarta dan dapat ditempuh melalui dua jalur, yaitu melalui jembatan kretek atau imogiri. Pantai ini memang tidak diperuntukkan untuk berenang, tetapi pengunjung masih bs bersantai2 ataupun berkuda menyusuri pantai.

Image Hosted by ImageShack.us

Sebelum berkunjung ke pantai parangtritis, yuk, kita denger dulu legendanya..

Masyarakat di Yogyakarta sebagian besar mempercayai, kalau pantai ini merupakan tempat tinggal Kanjeng Ratu Kidul penguasa laut selatan. Menurut sebuah sumber, Istana ratu laut selatan ini berpintu gerbang di Parangkusumo. di tempat inilah Kanjeng Ratu Kidul melakukan pertemuan dengan Panembahan Senopati. Ratu pun kemudian berjanji akan melindungi kerajaan mataram beserta para raja2nya. Ratu Kidul memiliki patih wanita yang sakti bernama Nyai Roro Kidul yang dipercaya sebagai siluman dan telah ada sejak beberapa ribu tahun lalu. Entah masih terkait atau tidak, ada yang menuliskan bahwa Nyai Roro Kidul awalnya bernama Kadita dan merupakan putri tunggal Prabu Siliwangi dengan permaisurinya. Putri Kadita tidak hanya berperangai cantik namun juga bersifat arif dan bijaksana, sehingga sang raja pun hendak menjadikannya sebagai putri mahkota. hal ini ternyata tidak dikehendaki oleh para selir yang kebetulan tidak memiliki keturunan. hingga pada suatu saat para selir bersekongkol untuk mencelakai permaisuri dan putri Kadita. dengan menggunakan ilmu hitam yang mereka miliki, putri dan permaisuri menderita penyakit kulit yang tak bisa disembuhkan. putri Kadita pun kemudian menceburkan diri ke laut. selain memperoleh kesembuhan, sang putri juga memperoleh kesaktian yang dimilikinya hingga sekarang.

Image Hosted by ImageShack.us

Sumber foto: http://www.indotalisman.com/magickal_gallery.html

Sumber lain menambahkan, bahwa Kanjeng Ratu Kidul menikahi Panembahan Senopati dan akibat hubungan ini pada hari2 tertentu menurut kalender jawa, masyarakat dan warga kerajaan kerap melakukan labuhan di Pantai Parangkusumo. Labuhan untuk Nyai Roro Kidul dinamakan Penderek dan untuk Kanjeng Ratu Kidul dinamakan Pengajeng.

Dan boleh percaya boleh tidak, banyak yang bilang kalau mo maen ke pantai ini pantang memakai pakaian berwarna hijau. warna tsb dipercaya merupakan kesukaan Kanjeng Ratu Kidul. mereka yang berpakaian warna hijau berpotensi tuk diambil oleh laut selatan dan tinggal di kerajaan laut selatan.