Situ Gunung (situ dalam bahasa sunda artinya danau) merupakan kawasan wisata alam yang terletak di kaki gunung pangrango (dengan ketinggian 900-1036m diatas pmukaan laut) dan berjarak 15 km dari kota sukabumi. selain merupakan daerah perkemahan/tempat tracking (biasa dipake outbound juga), tnyata di bagian puncak terdapat tempat bernama Batu Belah dengan air terjun cimaracun yang dipercaya keramat (sayang, gw waktu itu ga sampe kesana). dinamakan cimaracun karena orang2 setempat percaya bahwa airnya beracun, dan setelah diteliti air tsb berasal dari lava sulfur gunung gede yang meletus beberapa tahun lalu.

Image Hosted by ImageShack.us


Buat para fotografer, gw percaya pasti ga asing dengan tempat ini (terbukti dengan byknya foto dari situ gunung yg diupload di fotografer.net). di sekitar danau, pemandangannya bagus banget tuk diabadikan, apalagi kl cuaca mendukung dan airnya tenang. tau ga, tnyata danau ini danau buatan. konon danau ini dibuat tahun 1814 oleh “mbah jalun”, seorang bangsawan Mataram yang lari ke sukabumi karena menjadi buronan Belanda. selain itu taman nasional ini menyimpan kekayaan berupa flora dan fauna yang beragam. malahan kalo beruntung kita bs aja nemuin macan tutul dsana.

Image Hosted by ImageShack.us

nah, kl kalian mo ke situ gunung tuk pertama kali, gw saranin jangan pas malam hari, karena tuk bs ksana kita musti ngelewatin hutan2 tak berlampu (tanpa signal hp pula). so pasti ngeri banget, apalagi kalo kalian dateng sendirian.