Dulu gw kuliah di UGM alias Universitas Gadjah Mada. UGM merupakan perguruan tinggi negeri yang tertua di Indonesia.

Image Hosted by ImageShack.us

Sejarah berdirinya UGM diawali dari ide2 para cendikiawan yang hendak mendirikan Balai Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia pada awal tahun 1946. dari beberapa pertemuan akhirnya diumumkan berdirinya Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada yang terdiri atas Fak. Hukum dan Fak. Kesusasteraan pada tanggal 3 Maret 1946 menyusul Sekolah Tinggi Teknik yang sudah terlebih dahulu berdiri pada tanggal 17 Februari 1946. 2 Perguruan tinggi ini sempat ditutup pada tanggal 19 Desember 1948 akibat serbuan Belanda ke Jogja. Sejak saat itu muncullah perguruan2 tinggi di daerah Klaten.


Selang beberapa saat, timbullah ide untuk menyatukan perguruan2 tinggi tsb di wilayah Republik yaitu Jogja. Mereka yang menyanggupi antara lain Ir. Wreksodhiningrat, Prof. Dr. Prijono, Prof. Ir. Harjono dan Prof. Dr. M. Sardjito (nama ini skr dipake sbg salah satu rumah sakit di jgj). Kesulitan kemudian timbul, mereka tidak memiliki tempat tuk dijadikan ruang kuliah. Sampai akhirnya Sultan Hamengku Buwono IX meminjamkan kraton dan beberapa gedung disekitarnya sebagai tempat kuliah.

Tanggal 1 November 1949, di Kompleks Peguruan Tinggi Kadipaten, Yogyakarta berdiri kembali Fak. Kedokteran Gigi dan Farmasi, Fak. Pertanian, dan Fak. Kedokteran. Disusul besoknya dengan FakultasTeknik, Akademi Ilmu Politik dan beberapa fakultas di bawah naungan Yayasan Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada dan diikuti oleh Fak. Hukum pindahan dari Solo pada bulan berikutnya.

Image Hosted by ImageShack.us

Kesemua itu kemudian dirangkum pada tanggal 19 Desember 1949, dimana Soekarno secara resmi mencantumkan UGM sebagai pembuktian bahwa Indonesia telah bangkit setelah serangan persis pada tahun sebelumnya yaitu 19 Desember 1948.