Di perbatasan antara Jawa Tengah dan DI Yogyakarta terdapat bangunan yang merupakan salah satu candi Hindu termegah yaitu Candi Prambanan atau Candi Rara Jonggrang. Candi peninggalan Dinasti Sanjaya buatan Raja Tulodong pada tahun 910 ini terletak sekitar 17 kilometer di timur jogja.

Image Hosted by ImageShack.us

Dibalik bangunan bersejarah ini konon ada kisahnya. Begini ceritanya:

Dahulu kala, hiduplah serorang raja bernama Prabhu Ratuboko yang memiliki putri bernama Roro Jonggrang. Putri nan jelita itu ditaksir sama seorang raksasa bernama Bandung Bondowoso. Tuk bs mempersunting sang putri, raksasa dipaksa membuat candi dengan seribu arca didalamnya dalam satu malam. untunglah si raksasa cukup sakti tuk mengiyakan permintaan sang putri. padahal ni ya, putri Roro Jonggrang ogah banget nikah sama raksasa, jadilah dia berbuat curang. dengan kelicikannya dia membuat hari seolah2 sudah pagi, sehingga dari seribu arca yang diminta tidak bs dipenuhi. Si raksasa marah, dan mnyihir sang putri jadi kodok, eh salah, tp mengutuknya jadi arca sehingga jumlah arca menjadi genap seribu.

Image Hosted by ImageShack.us

Di komplek candi terdapat tiga candi utama dengan arca tiga dewa sebagaimana dianut dalam agama Hindu, yaitu candi Shiwa (sang dewa perusak), candi Brahmana (sang dewa pencipta) dan candi Wishnu (sang dewa pemelihara). Di depan masing-masing candi tedapat candi yang berisi kendaraan (wahana) dari ketiga dewa tsb yaitu Nandi (lembunya dewa Shiwa), Angsa (dewa Brahma) dan Garuda (dewa Wishnu). Selain enam candi yang berhadap2an itu, terdapat jg 2 candi pengapit, 3 candi perwara 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Disekeliling halaman utama terdapat candi-candi perwara sebanyak 224 buah yang mengelilingi halaman dalam 3 baris.

Melihat candi garuda, gw jadi inget simbol yang biasa kita liat di tiap tembok kelas sekolah kita dulu. Dalam mitologi Hindu, Garuda digambarkan sebagai burung setengah manusia dengan tubuh emas, wajah putih, sayap merah, dan paruh mirip elang. Dalam mitologi mesir dikenal sebagai Bennu (Dewa Ra) dan dalam mitologi yunani dikenal sebagai Phoenix. Diceritakan pula bahwa garuda berhasil menyelamatkan ibunya dari kutukan sang kakak bernama Aruna yang terlahir cacat dengan mencuri air suci para dewa bernama Tirta Amerta. Kebetulan Thailand punya juga garuda bernama Krut (Pha Krut) yang dijadikan lambang negaranya.

Image Hosted by ImageShack.us

Back to Prambanan, Candi Shiwa sebagai sentra pemujaan terletak ditengah diapit oleh candi Brahma dan Wishnu. Candi dengan bangunan paling tinggi ini memiliki 4 ruangan, masing-masing berisi arca Shiwa , Durga (istri Siwa yang diduga merupakan arca keseribu hasil kutukan raksasa bondowoso), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Berbeda dengan candi Brahma dan Wishnu, masing-masingnya hanya memiliki satu ruang tuk menyimpan archa Brahma dan Wishnu.

Diselatan candi prambanan terdapat situs bersejarah lainnya bernama Keraton Ratu Boko yang dulunya dibangun sebagai benteng pertahanan milik Rakai Kayuwangi (putra Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya yang hidup tahun 838-856). Beberapa versi sejarah menyebutkan kalau Ratu Boko yang dimaksud disini adalah ayah dari Roro Jonggrang. Sayangnya, sewaktu gw ke situs ini, gw blom punya kamera digital, dan belum sadar diri tuk membuat foto2 dokumentasi selain foto2 narsis yg isinya gw semua.