Image Hosted by ImageShack.us

Ketika itu, dipertengahan abad ke-18, tak lama setelah dibukanya terusan Suez (1869), tersebutlah sebuah pelabuhan baru yaitu tanjung priok yang dibangun sekitar 15 km dari sunda kelapa. saat itu batavia sedang gencar2nya menghadapi saingan singapura yang baru saja dibangun oleh raffles, dan pelabuhan sunda kelapa tidak lagi mampu menampung kapal2 uap yang singgah.


Kini tanjung priok dikelola oleh PT Pelindo dan berhasil menjadi pusat pelabuhan yang cukup ramai, dilengkapi 78 dermaga dengan luas wilayah kolam seluas 424 Ha dan luas daratan 604 Ha. Bidang usaha disana meliputi pelayanan jasa kapal, jasa barang, dan jasa properti. (halah, kok jadi ky company profile gini yak). pernah juga tercatat tragedi berdarah di tanjung priok September 1984 yang ga perlu gw ceritain detailnya disini.

Sebetulnya gw tertarik nulis priok tidak lain tidak bukan adalah setelah gw ngliat kapal swedia Gotheborg yang sempat mampir disini selama 10 hari (18-28 Juni 2006). tnyata ini kapal cuma kapal replika dari kapal jaman dulu kala bernama lengkap East Indiamen Gotheborg. sebetulnya pas naek gw sempet berharap ketemu jonny depp, sayangnya dia udh keburu dikutuk di pulo caribean, hehehe…

Image Hosted by ImageShack.us

Lebih dari 260 tahun lalu, persisnya di bulan Maret 1743, si Gotheborg berlabuh dengan damainya di kepulauan Swedia barat. ketika itu, si kapal menunggu angin tuk bs membawanya keluar dari lautan utara. ga lama kemudian si kapten Moreen memerintahkan anakbuahnya berlayar tuk terakhir kalinya ke Canton Cina.

Dalam perjalanannya sekitar 2,5 tahun dia sempat hilang dari pengamatan. tanpa diduga2 si kapal ini tiba2 muncul kembali dan bisa diliat dari ujung pelabuhan tempatnya berangkat tanggal 12 September 1745 dengan penuh kemenangan. namun apa yang terjadi kemudian, si kapal tanpa dinyana2 nabrak batu dan tenggelam bersama dengan harta benda berharga yang dibawanya (oh tidaaaak!). konon kabarnya penyebab tragedi ini masih misteri. so, tuk mencari tau knp kapal ini bisa tiba2 karam, dibuatlah kapal replikanya (2 okt 2005) tuk berlayar ke cina dan kembali lg ke swedia (kynya yg kali ini bs kembali dengan selamat). nah, buat kamu2 yang pengen liat temuan2nya berupa pecahan2 porselen dll peninggalan kapal karam ini, kpn2 bs mampir ke Gothenburg Historical Museum di swedia sono…