Image Hosted by ImageShack.us

Lu tau kan. kl dijakarta itu ada yang namanya monumen nasional alias monas. kata orang pemerintahan disini, dibilang kl monas ato Tugu Peringatan Nasional merupakan salah satu dari monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat melawan penjajah Belanda.


Monas terletak di lapangan monas dengan luas areal 80 hektar dan dibangun tahun 1960. yang ngegambar dulu Soedarsono dan F. Silaban dengan konsultan Ir. Rooseno. dan resmi dibuka untuk umum tanggal 12 Juli 1975. bentuknya yg sekilas ky pensil dikasi mangkok sebetulnya dibuat menyerupai lingga yoni yang merupakan simbol dari kesuburan (lingga=alu/penumbuk beras, dan yoni=lumpang/wadah beras, konon lingga yoni sama halnya dengan lambang negatif dan positif ato siang dan malam ato lelaki dan perempuan) dengan tinggi mencapai 137 meter dan diujungnya terdapat cawan yang menopang obor perunggu 14.5 ton berlapis emas 35 kg (ada sumber jg yg menyebutkan berat emasnya “cuman” 32 kg). itu emas kabarnye didapetin dari rejang lebong bengkulu (wuih.. jau ya). katanya lidah api itu simbol perjuangan rakyat indonesia di jaman perang dulu biar bs merdeka.

Dulu, monas ini pernah 5 kali ganti nama, yaitu
Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas, dan Taman Monas. Disekeliling tugu ada taman, dua buah kolam dan lapangan terbuka tuk tempat berolahraga (tinggal dateng trus nimbrung, lu orang bs milih, mo ngeceng doang, mo yoga, mo pencak silat, mo erobik, ampe senam manula jg ada).

Di dalem monas, ada musium dan aula yg ktnya bs untuk meditasi (waduh… meditasi di monas??!). di musium itu isinya full of diorama (pajangan2 3 dimensi yang menceritakan peristiwa2 bersejarah jaman dulu). buat yang ga takut ketinggian bisa jg antre lift tuk naek mentok ampe atas monas (siap2 bawa jaket yak biar ga masuk angin).

Image Hosted by ImageShack.us

Katanya lagi ni ya, monas yang dulu tiangnya dipancangkan pertama kali oleh Soekarno, punya simbolisasi angka keramat (indonesia banget dah)… pelataran cawan ukurannya 45m x 45m dengan tinggi 17m. trus di ruang musiumnya setinggi 8m. (bener engga nya gw blm pernah ngukur sendiri). tau dong kl angka itu digabung jadinya berupa apa…