Jakarta… ibu kota indonesia katanya… sebetulnya emak babe terlahir di kota kasultanan ngayugjokarto hadingrat, namun merantaulah ayahanda guna menghidupi anak istri ke jakarta. dari sebelon tk gw udh tinggal disini. awalnya di daerah slipi, trus seiring tergusurnya kaum urban, hijrahlah kita ke ranah bekasi.

Beranjak dewasa, dalam setiap perjalanan ke tengah kota dari bekasi, kutemui tiada lain adalah kemacetan yang tiada tara. dulu gw kerja di pulo gadung. kebayang yg namanya motor ruwetnya ky laler. truk kontainer guede2 seolah siap menggilas katana gw yg imut2 dan tua umurnya. tidak tertipnya angkot tiap detik berhasil membuat gw pengen nonjok. ampe sesekali pas puasa tasbih dimobil gw pensiun sebage pajangan lantaran langsung gw pake zikir sebelum gw ditusuk sama sopir angkot gara2 nyaris ribut. adalah sebuah perjuangan memang tuk bs mencari nafkah di jakarta. tp gw bersyukur banget, ada yang rela meminjamkan anaknya kendaraan tuk pulang pergi cari duit.

Image Hosted by ImageShack.us


Ngomongin soal katana… ini sebetulnya mobil favorit gw. bayangin, dengan keruwetan yg gw hadapi tiap hari, bermodal cat pager warna item sudah cukup membuat gw tnang, jikalau sewaktu2 mobil gw ditoel sama kendaraan laen. belon lagi warnanya yg ky mobil perang membuatku kian pede tuk hilir mudik ditengah ganasnya lalu lintas jakarta. sebelum dipake dijkt, pernah di bawa ke jogja buat kkn tiap hari. Alhamdulillah sepanjang pemakaian blm ada kecelakaan yang berarti walopun pernah sekali tanpa sengaja di bantul melewati soang putih sampe mati. namun sayang, diusianya yg kian senja (keluaran ’88), mobil gw ini sering banget tiba2 mati ditengah jalan. belon lg kl macet ac kudu mati karena overheat. kl butuh musik musti nyanyi sendiri karena ga ada radionya. walhasil dijualah dia kepada pihak yang lebih berwenang (kebetulan yg beli bener2 orang angkatan). hix… katanaku, segala jasa baikmu, kesetiaanmu dalam menemaniku dikala senang maupun susah akan senantiasa kuingat sepanjang masa…

Image Hosted by ImageShack.us

Ga lama setelah gw melanglang buana di wilayahnya para preman alias pulogadung, akhirnya gw berpindah ke daerah protokol bernama thamrin. ga sekali dua kali gw kl pulang kebablasan dan harus puter balik di ratu plaza lantaran blm apal semanggi (bodoh!)😛

Image Hosted by ImageShack.us

waktu itu gw masih berstatus calon pegawe (capeg) dengan seragamnya yg khas hitam putih layaknya seorang pelayan restoran dan tentunya belon cukup modal tuk bs ngekos. yang ada gw kudu PP bekasi-thamrin dengan kemacetan di tol jatibening dan full of jebakan 3in1.

Inget2 masa pendidikan capeg, jadi terkenang banyak hal. tiap hari klasikal di bidakara, jam 8-4 ky orang sekolah. trus ujian, sehari 4 pelajaran. yang paling seru tuh pas ikutan samapta di pusdik reksrim. 10 hari digembleng dengan kostum ala satpam. gile kaki tu rasanya ampe mo copot, dari mulai sakit ampe ga berasa lagi punya kaki. counterpain dipake tiap abis mandi selayaknya membalurkan bodylotion ke seluruh penjuru kaki. belon lagi gw yg makannya lama dipaksa selesai dalam 15 mnt, ampe kesangkut tulang ikan segala. mana seumur2 gw belon pernah ikutan ospek, berasa banget dah. siang disiksa, malem disuruh belajar ala klasikal pula (yg ada tiap dikelas gw pasti ketiduran).

Image Hosted by ImageShack.us

Selesai masa penyiksaan, dikirimlah kita tuk penyegaran rohani. waaah… disana serasa banget nikmatnya.. tiap selese ngaji, solat, dll kita bs olah raga atopun sekedar tidur siang…

Image Hosted by ImageShack.us

Dan tnyata masa2 penindasan tidak berhenti sampe disitu. selaen tetep berpakaian item putih tiap hari (ampe baju putih gw pada kuning smua), pas 17an kita orang disuru menari2 dengan kostum selayaknya penari dufan. ampun dah malunya! perasaan terakhir gw nari tuh pas TK. sekalinya didaulat kok ya narinya pake bulu2 gitu ky silver boynya tata dado, hehehe…

Image Hosted by ImageShack.us

O ya, soal kendaraan, gw sempet jg dipinjemin mobil mini yg kt tmn gw kaya bajaj (maap ya buat mitra indomobil, bukan maksud hati ngledek). enak sih sebenernya kl parkir, tp sebel jg lama2 kl saingan ama truk n bis gw ga pernah dikasi jalan😦 belon lagi tiap pulang gw kudu ngetem di dkt pintu keluar nyegatin tmn2 buat jd joki 3in1. tp sejak gw akhirnya mampu kos (alhamdulillah), guna menghindari jadwal kelayapan yang tidak perlu, si bajaj ijo gw kembalikan kepada yang memiliki. coba liat karimun ijo nan meling2 itu bersama salah satu tmn kantor gw yang bersedia gw antar kl plg.

Image Hosted by ImageShack.us