Image Hosted by ImageShack.us

Garuda Wisnu Kencana, atau GWK, merupakan patung Dewa Wisnu yang berdiri tegak di Bukit Ungasan Jimbaran Bali (selatan bandara). Patung buatan seorang lulusan ITB bernama I Nyoman Nuarta ini konon akan ditata diatas patung Garuda setinggi 75 meter dengan keseluruhan tinggi patung mencapai 145 meter dan mengalahkan tinggi Liberti (yg hanya setinggi 151 kaki atau sekitar 46 meter, cmiiw). Letak patung yang berada dibukit kapur dengan ketinggian 300 dpl ini kemudian akan menyambut siapapun yang hendak mendarat di pulau Bali.

Image Hosted by ImageShack.us

Sejak dibangun tahun 1997, sampai dengan saat ini kondisi patung baru selesai 15 % yang terdiri dari patung Dewa Wisnu dan Kepala Garuda. seperti yang dituliskan harian pikiran rakyat tahun lalu, SBY mengharapkan proyek ini kelar 20 Mei 2008 mendatang. Pembangunan yang tengah terhenti ini menemui beberapa kendala antara lain masalah pendanaan yang konon masih memerlukan setidaknya Rp 600 miliar. Apalagi sejak terjadinya bom bali tahun 2002 sejumlah investor batal melakukan pendanaan.

Image Hosted by ImageShack.us

Di areal komplek, mereka juga sudah mulai membangun exhibition center, restoran, kolam bunga teratai, diorama, Giri Kencana Villa, Bapura 1000 teater, amphiteater dan trade n promotion center. tempat2 konser dibangun ditengah2 tebing kapur nan tinggi2 nian dan dipahat pula. keren banget bho.. menurut keterangan yg diperoleh di lokasi, patung yang berasal dari kuningan dan tembaga ini dibuat di bandung kemudian dikirimkan ke bali dengan kondisi terpecah2 dalam beberapa bagian yang siap rangkai (baca: ckd=complete knocked down)

Image Hosted by ImageShack.us

Dewa Wisnu sendiri dalam keyakinan umat Hindu merupakan dewa pelindung atau pemelihara alam semesta. sedangkan Garuda, kendaraan dewa Wisnu, melambangkan kebebasan dan pengabdian. sehingga secara keseluruhan, GWK diharapkan menjadi simbol misi penyelamatan lingkungan dan dunia.

About these ads